-->

Waspadai Batu Akik Plastik


Siapa sangka ada batu yang berbahan plastik. Iya, itulah kenyataannya. Bagi pemula, tentu amat sulit membedakan antara batu yang asli dengan yang palsu. Akibatnya, banyak kasus konsumen awam yang tertipu saat membeli batu akik.

Kita sebagai para pembeli semestinya waspada terhadap batu-batu palsu dari plastik. Maka dari itu, kita sebagai pembeli juga harus waspada ketika melihat bentuk batu. Jika bentuk olahannya tidak terlihat secara alami atau sangat mengilap dan tidak ada cacat maka kita perlu berhati-hati.

Selain itu jika bentuknya bagus, tidak ada cacat dan kelihatan kurang alami, itu harus menjadi alarm bagi kita untuk menelusuri batu tersebut secara lebih lanjut. Karena itu, sebelum kita memutuskan untuk membayar batu tersebut dengan harga puluhan juta rupiah, sebaiknya kita membawa terlebih dahulu batu itu ke ahlinya, yaitu laboratorium sertifikasi batu.

Karena memang batu akik tidak tergolong sebagai batu mulia, standarnya sulit ditentukan. Namun, dengan harga yang dipatok mahal dari beberapa pedagang, kita, para pembeli seharusnya jangan langsung tergiur dengan keindahannya.

Jadi, daripada terlena dengan ocehan pedagang akik yang tentu mengindahkan dagangannya, sebaiknya kita lebih baik membawa batu tersebut ke laboratorium. Atau kita membeli secara langsung saja batu akik yang sudah bersertifikat dari laboratorium.

Dan salah satu ciri dari batuan alam asli adalah biasanya tidak berbentuk begitu sempurna. Nah, sebab oleh itu kita sebagai pembeli sebaiknya berhati-hati terhadap penawaran batu yang nyaris sempurna dan seragam, apalagi dalam jumlah yang banyak. terutama saat dipasar , jika menemui dan ditawari batu akik yang bagus-bagus, tapi semuanya bisa seragam, semua warna dan ukuran sama itu harus diwaspadai.

Karena setiap batu yang dipotong pasti memiliki struktur kristal makro yang berbeda. Hal itu terlihat jika kita menggunakan alat bantu seperti lup untuk mengidentifikasinya. Selain itu, untuk melihat batu tersebut asli alam atau proses olahan, kita bisa mengetahuinya melalui bagian pantat batu. Jika ada cekungan ke dalam, batu itu bisa jadi hasil olahan.

Karena jika dari cetakan pabrik, pantat batu akan jadi cekung sebab mengerut ketika kering.


#Batu Akik #Penipuan Batu Akik

6 comments:

  1. wkwkwk di daerah ane batu palsu kaya ginian disebut pasakan gan :D btw makasih infonya.

    ReplyDelete
  2. .haha. .jujur gue gak tau pasakan itu seperti apa? Tpi mkasih udh mampir ..

    ReplyDelete
  3. untung ane gk suka batu akik gan... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, sebenernye gue juga gak suka ama batu akik :)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6