-->

5 Cara Mendidik Anak Dalam Islam

Seperti yang kita ketahui, anak adalah anugrah yang diberikan oleh Allah SWT. Dan semua orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Namun dalam mendidik anak bukanlah suatu perkara yang mudah. Karena jika orang tua salah dalam mendidik anaknya, bukanlah tidak mungkin oang tuanya ikut terjerumus kedalam neraka.


Terdapat banyak sekali cara mendidik anak yang dapat diterapkan oleh orang tua. Namun pertama kali yang harus di ingat adalah orang tua merupakan contoh bagi anak-anaknya. Orang tua harus bisa menjadi suri tauladan yang baik bagi sang anak. Lalu bagaimanakah cara yang ampuh untuk mendidik anak yang di ajarkan Islam agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah ketika mereka tumbuh dewasa nanti? Berikut adalah 5 cara dalam mendidik anak dalam Islam yang dapat diterapkan dalam kehidupan anda.

5 Cara Mendidik Anak Dalam Islam
 
1. Menanamkan Tauhid Dan Aqidah Yang Benar Kepada Anak

Dengan cara menanamkan Tauhid dan Aqidah yang benar kepada anak. Serta mengenalkan apa itu Islam kepada anak sejak dini. Yang dimaksud Tauhid adalah mempercayai bahwa Allah itu Esa. Sedangkan Aqidah adalah Iman yang teguh dan pasti yang tidak ada keraguan sedikitpun untuk meyakini bahwa Allah itu Esa.

Namun dalam pelaksanaanya mungkin akan terasa sulit ya bagi seorang anak mencerna apa itu Tauhid dan Aqidah, yang mengingat usia mereka masih kecil. Maka hendaknya orang tua mulai mengenalkan agama Islam, seperti dengan menceritakan kisah Islam yang berbentuk dongeng atau yang lainnya, atau seperti cerita-cerita Nabi yang tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami untuk anak-anak, sehingga akan lebih mudah mencerna Islam dengan cara yang sesuai dengan pola pikir mereka.

Dengan begitu, anak akan mengenal dan menyukai agama Islam,. Dalam hal ini Rasulullah SAW juga telah memberikan contoh penanaman Aqidah yang kokoh ketika mengajari anak paman beliau yaitu paman Abdullah bin Abbas ra.


2. Mengajari Anak Untuk Belajar Beribadah

Tentu hal ini juga lebih baik diajarkan ketika anak masih berusia dini. Dan orangtua pun harus bersabar dan mendidiknya dengan secara benar dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Di mulai dari tata cara bersuci, Shalat, Berpuasa, serta beragam ibadah lainnya. Dan untuk membiasakan anak mengajarkan anak shalat sedini, dapat dilakukan dengan cara mengajak anak kita untuk shalat berjamaah di masjid atau kita dapat mengajaknya shalat berjamah sendiri dirumah.

Selain itu orang tua juga hendaknya melatih anak untuk membaca Al-Qur'an, dan membiasakan membacanya setiap hari. Hal itu tentu harus dimulai dari orangtuanya terlebih dahulu. Orangtua harus membiasakan diri untuk mengaji dirumah, setelah itu melibatkan sang anak untuk turut serta membaca Al-Qur'an.
Apabila sang anak belum mampu untuk membaca, maka kita bisa mengajarkannya terlebih dahulu dasar-dasar ilmu tajwid. Atau jika kita sibuk tidak ada waktu untuk mengajarinya kita bisa menyewa atau memanggil guru privat mengaji kerumah.. Karena dengan melatih anak mengaji sejak dini maka anak-anak mampu mengenal Al-Qur'an sejak dini pula. Dan ini akan sangat berdampak positif bagi perkembangan karakter sang anak kelak ketika ia beranjak dewasa.


3. Didiklah Anak Dengan Berbagai Adab Dan Akhlak Yang Mulia

Karena sebagai orangtua yang merupakan panutan bagi anak-anaknya, kita diwajibkan untuk mengajari anak dengan berbagai Adab Islami dan Sunnah Rasulullah SAW. Seperti makan dengan tangan kanan, mengucapkan salam, menjaga kebersihan, mengucapBasmallah sebelum makan,, dsb.
Begitu pula dengan akhlak. Tanamkan kepada anak mengenai akhlak yang mulia semisal, menghormati kepada orang yang lebih tua, berkata dan bersikap jujur, dermawan, berbakti kepada kedua orangtua, , dan sayang kepada orang yang lebih muda, serta akhlak baik yang lainnya.


4. Melarang Anak Dari Berbagai Perbuatan Yang Diharamkan

Sedini mungkin, anak juga perlu diperingati akan beragam perbuatan yang tidak baik bahkan diharamkan. Seperti durhaka kepada orangtua, mencuri, berjudi, mengambil hak orang lain, bermabuk-mabukan, berbuat dzalim kepada orang lain, dan perbuatan haram yang lainnya.


5. Membiasakan Anak Dengan Pakaian Yang Syar'i

Hendaknya secara dini anak-anak dibiasakan menggunakan pakaian yang Syar'i. Yang sesuai dengan jenis kelaminnya. Sebagai orangtua Muslim, ajarkan anak laki-laki untuk menggunakan pakaian laki-laki, dan anak-anak perempuan biasakanlah agar mereka mengenakan kerudung atau penutup kepala sedini mugkin. Sehingga ketika dewasa mereka akan mudah mengenakan jilbab yang Syar'i. Kemudian jauhkan pula anak-anak dari model pakaian western yang tidak Syar'i. Yang ketat serta menunjukkan aurat tentu sebaikknya di hindari.

Demikianlah 5 cara mendidik anak yang diajarkan dalam Islam. Mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam memang merupakan salah satu kewajiban orangtua. Dan yang perlu kita ingat, bahwa setiap perkataan orangtua merupakan doa bagi anak-anaknya. Entah itu perkataan yang baik maupun perkataan yang buruk.

Maka hendaknya sebagai orangtua, kita tidak mendoakan anak-anak kita dengan doa yang buruk. Orangtua juga merupakan guru pertama bagi anak-anaknya. Maka ketika seorang anak berbuat salah, jangan pernah menyalahkannya. Justru sebaiknya sebagai orangtua kita menginstropeksi diri kita atas semua yang telah kita ajarkan kepada anak-anak kita.



Kategori :
# Cerita Lucu
# Info dan Tips
# Kesehatan
# Puisi Abad Kejayaan
# Kisah Islami

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6