-->

Siapakah Malaikat Harut dan Marut ?

Kisah Malaikat Harut dan Marut - Sebagai umat Muslim mengetahui atau mengingat nama-nama Nabi dan Malaikat sudah menjadi sebuah keharusan. Tidak hanya itu, bahkan dalam rukun iman kita di wajibkan untuk beriman kepada malaikat. Seperti yang kita telah ketahui, Allah SWT memang menciptakan malaikat dengan jumlah yang sangat banyak. Tetapi, untuk umat muslim wajib paling tidak wajib mengenal beberapa nama Malaikat beserta tugas-tugasnya. Siapa saja mereka ?


Yang pertama ialah Malaikat yang bernama Jibril. Malaikat yang paling utama dan juga merupakan malaikat yang pernah shalat dengan Rasulullah SAW. Dalam Islam Malaikat Jibril bertugas sebagai menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW.

Kedua, Malaikat Mikail. Atau juga disebut dengan Malaikat Mikal. Malaikat ini memiliki tugas untuk menurunkan hujan, rizki serta kemakmuran terhadap seluruh muka bumi ini. Maka daripada itulah, saat datangnya hujan ke permukaan bumi lebih baik kita bersyukur, karena itu adalah pemberian dari Allah SWT melalui Malaikat Mikail.

Kemudian ada pula Malaikat yang diberikan tugas untuk meniupkan sangkakala. Ya, dia adalah Malaikat Isrofil. Dimana Allah telh memasukkan ke dalam mulutnya, dan ia sekarang hanya menunggu kapan ia diperintahkan oleh Allah untuk meniupkannya.

Setelah kita meninggal nanti, pasti akan ditanyakan bagaimana amal ibadah kita selama hidup di dunia. Dan itulah tugas dari Malaikat Munkar dan Nakir. Yang selalu memberikan pertanyaan kepada manusia ketika berada di alam kubur.

Selanjutnya adalah Malaikat Rokib yang berarti mengawasi dan Atid yang memiliki arti mencatat. Kedua Malaikat ini memiliki tugas mengawasi dan mencatat segala perbuatan kita selama di dunia. Besar kecil perbuatan kita, baik maupun buruk tetap tercatat oleh kedua Malaikat ini. Tidak ada satu pun perbuatan kita yang terlewatkan dan tidak tercatat. Maka dari itu, kita harus hatu-hati ketika hendak melakukan suatu amalan. Karena sekecil apapun dosa atau pahala yang kita buat pasti kelak akan ada buktinya. A 'udzu billah hi min dzalik.

Neraka adalah sebuah tempat yang sangat kita hindari. Dan Malaikat Malik adalah seorang Malaikat yang menjaga pintu neraka. Tidak hanya neraka, surga juga pun memiliki Malaikat yang menjaga pintunya. Ia adalah Malaikat Ridwan. Yang memiliki tugas sebagai penjaga pintu surga.

Lalu yang terakhir ada mallaikat Izrail ya bertugas untuk mencabut nyawa.

Jika itu adalah Malaikat yang wajib kita kenal. Lantas pernahkah terlintas di benak kita adakah nama Malaikat lain yang wajib kita ketahui? Mengenai pertanyaan tersebut ternyata ada beberapa Malaikat yang belum kita ketahui, namun namanya tercantum di dalam Al-Qur'an. Dia adalah Malaikat Harut dan Marut. Mungkin sabagian dari kita yang belum mengenal Malaikat Harut dan Marut? Ya, Malaikat ini adalah Malaikat yang di ciptakan oleh Allah dan juga mempunyai tugasnya sendiri.

Siapakah Malaikat Harut dan Marut ?

Mengenai malaikat Harut dan Marut, mereka mempunyai kisahnya sendiri. Ada banyak versi mengenai kisah mereka, salahsatu kisah mereka yang banyak tersebar di tengah masyarakat yaitu kisah malaikat yang diturunkan oleh Allah turun ke bumi, namun akhirnya mereka tergoda untuk mabuk, kemudian mereka berzina, dan membunuh.

Namun ini adalah kisah yang Dhoif dan BATHIL. Karena kisah ini tidak benar-benar datang dari perkataan Rasulullah SAW. Lalu pembaca, jika kisah malaikat Harut dan Marut yang sering kita dengar tersebut adalah kisah yang Bathil dan Dhoif, lantas kisah manakah yang benar?

Malaikat Harut dan Marut ini sebenarnya sudah ada di dalam Al-Qur'an. Bahkan namanya pun di sebutkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 102.

Berdasarkan firman Allah tersebut malaikat Harut dan Marut memang sengaja diturunkan ke bumi oleh Allah SWT. Kenapa? Karena ketika itu orang-orang yang ada pada masa kerajaan Nabi Sulaiman mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan. Sehingga kaum Nabi Sulaiman menganggap derajat para tukang sihir itu sama seperti Nabi.

Sampai pada akhirnya Allah SWT menurunkan Malaikat Harut dan Marut untuk memberikan penjelasan kepada orang-orang mengenai perbedaan sihir dengan Nabi. Tidak hanya itu, malaikat Harut dan Marut pun juga memperingatkan mereka agar terhindar dari segala macam fitnah syaitan. Tetapi mereka tidak mengindahkan peringatan tersebut. Dan justru mempelajari sihir yang diberikan oleh kedua malaikat tersebut. Astagfirullah hal adzim.

Mendengar adanya beberapa kisah dari malaikat Harut dan Marut membuat kita harus berhati-hati dalam membaca hadist. Jangan sampai kita terlalu mudah percaya dengan hadist Dhoif. Sehingga membawa kita ke jalan yang Bathil. Mengenai kisah malaikat Harut dan Marut, ternyata mereka bukanlah seorang malaikat yang tergoda dengan perhiasan dunia. Sehingga melakukan perbuatan buruk. Tetapi malaikat Harut dan Marut adalah dua malaikat yang sengaja di turunkan Allah SWT untuk memberikan perbedaan antara sihir dengan kenabian.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan bisa meluruskan pemahaman kita akan mengenai kisah yang berdasarkan hadist Dhoif. Amin Ya Rabbal 'Alamin.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6