-->

Tips Nyaman Menginap di Hostel saat Liburan Bersama


http://katalebay1.blogspot.com


Liburan beramai-ramai dengan teman atau keluarga dapat menjadi pilihan menarik untuk menghabiskan akhir pekan. Namun, butuh persiapan yang baik agar liburan berjalan lancar, termasuk persiapan untuk penginapan. Hostel tergolong pilihan hemat saat travelling baik di dalam maupun di luar negeri.

Jika menginap di hotel berbintang dirasa dapat menguras isi kantong. Maka traveller dapat menginap di hostel. Tujuannya, untuk menghemat biaya liburan, khususnya bagi para backpacker. Hostel juga sudah dapat dipesan secara online. Pengunjung dapat memilih hostel yang diinginkan sesuai kenyamanan. Namun, perhatikan beberapa hal sebelum menyewa kamarhostel ini ya.


Informasi Kenyamanan

Sebelum melakukan reservasi sebaiknya baca review atau penilaian terhadap hostel tersebut. Biasanya situs yang melayani pencarian hostel menampilkan hasil review dari pengunjung hostel sebelumnya. Dari ulasan tersebut, calon pemesan kamar hostel dapat mengetahui kepuasan pelanggan terhadap layanan dan fasilitas yang diberikan.




Jenis dan Kapasitas Kamar

Hostel umumnya menyediakan dua jenis kamar yaitu dormitory atau biasa disebut dorm dan private room. Dorm adalah kamar gabungan. Setiap pngunjung hanya membayar per tempat tidur, bukan sewa kamar. Biasanya dorm berisi tempat tidur tingkat mulai dari empat hingga 16 orang dalam satu ruangan. Sedangkan private room dapat diisi satu hingga empat orang layaknya kamar hotel.

Pengunjung perlu memperhatikan jumlah penghuni kamar. Biasanya semakin besar kapasitas room, harganya semakin murah, termasuk kelompok gender yang boleh menginap. Dorm yang boleh ditempati laki-laki dan perempuan dalam satu ruangan atau disebut mixed room biasanya juga lebih murah.

Ada juga kamar dorm yang bisa disewa privat untuk rombongan. Jika privasi tetap ingin terjaga, pilih kamar dorm yang hanya khusus penghuni laki-laki atau perempuan saja.

Menyewa dorm untuk teman-teman satu rombongan akan lebih seru karena sudah saling mngenal. Berbeda dengan dorm yang dipakai untuk umum. Setiap penghuni hendaknya menjaga sikap dan saling menghormati. Tetapi bukan berarti tidak menyenangkan, penghuni dorm juga dapat berbagi pengalaman satu sama lain ketika berada di kamar yang sama. Intinya, sesuaikan pilihan kamar dengan selera, keadaan dan budget.


Fasilitas

Meski tidak semewah hotel, hostel juga memiliki berbagai fasilitas penunjang seperti wifi, dapur umum, tempat parkir, bahkan ada pula yang memberikan sarapan gratis. Sesuaikan budget dengan fasilitas yang dibutuhkan selama liburan.


Keamanan

Ketika memutuskan untuk menginap di hostel, penghuni perlu berhati-hati dengan barang berharga. Pastikan loker yang disiapkan untuk menyimpan barang berharga tidak rusak. Bila perlu, sebagai bentuk antisipasi, bawa gembok kecil sendiri.

Gembok kecil berguna untuk mengunci koper, ransel, bahkan mungkin pintu lemari penyimpanan. Saat ini para backpacker dapat menemukan gembok kecil berpassword di toko-toko.


Barang Bawaan

Selain gembok, sebaiknya bawa juga perlengkapan mandi pribadi. Karena, kamar hostel atau dorm belum tentu dilengkapi peralatan mandi dan handuk.

Mempersiapkan semua kebutuhan yang perlu dibawa saat berlibur menjadi modal utama untuk mendapatkan kenyamanan bagi seorang backpacker, tentunya juga memahami kondisi tempat menginap. Dengan persiapan dan informasi yang cukup, liburan bersama teman atau saudara akan lebih menyenangkan dan hemat.

Sekian dan semoga hari serta liburan anda menyenangkan.

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6