-->

Fakta dan Mitos Seputar Olahraga

Tahukah Anda Efek Sarapan Sebelum Olahraga ?
 
Selain makanan dan gaya hidup dan juga kebersihan, olahraga adalah salah satu hal yang dianjurkan untuk dilakukan. Tentu saja, melakukan olahraga harus sesuai dengan porsi atau setidaknya dilakukan secara tidak berlebihan. Selain tubuh sehat, banyak tujuan lain yang ingin dicapai dengan olahraga. Misalnya saja, untuk membentuk badan, melatih kekuatan, tubuh langsing atau bahkan berotot.

Tapi tahukah anda, banyak mitos tentang olahraga yang ternyata belum tentu benar namun ada juga mitos yang bukan sekedar mitos. Inilah fakta dan mitos seputar dalam olahraga.

Yang pertama adalah mitos sebaiknya olahraga dilakukan di pagi hari sebelum sarapan.
Faktanya, hal ini memang dianjurkan. Meski kebanyakan atlit bersarapan terlebih dahulu sebelum latihan. Padahal saat berolahraga sebelum sarapan (perut kosong) bisa membakar lemak lebih cepat dan efektif. Peneliti dari eropa berpendapat bahwa tanpa makan terlebih dahulu para atlit sepeda yang berlatih secara signifikan lemaknya terbakar lebih banyak dibanding atlit yang makan. Otot kita dapat energi dari karbohidrat.

Sehingga jika kita tidak makan sebelum berolahraga tubuh tidak memiliki cadangan karbohidrat, dan hanya akan membakar lemak. Padahal proses metabolisme lemak akan terganggu jika ada penimbunan yang cukup dari karbohidrat. Oleh karena itu berolahragalah yang baik sebelum makan di pagi hari.





Banyaknya Keringat Bertanda Banyak Lemak Yang Terbakar, Benarkah ?

Mitos yang kedua adalah adanya anggapan bahwa semakin banyak kita berkeringat saat berolahraga maka itu tandanya lemak yang terbakar pun makin banyak. Benarkah pernyataan terebut?

menurut hendrik bryan mengemukakan bahwa ini adalah pernyataan yang salah. Jumlah keringat merupakan indikasi kemampuan tubuh dalam mempertahankan suhu normal tubuh. Meski sudah sering di bahas namun masih saja banyak orang berfikir bahwa saat kita berkeringat waktu berolahraga itu adalah pertanda bahwa tubuh sedang membakar lemak.

Memang benar bahwa saat kita berolahraga maka lemak tubuh akan terbakar. Tapi penyebabnya bukan karena semakin banyak kita berkeringat, namun pembakaran lemak tersebut hanya disebabkan oleh latihan yang kita lakukan. Jadi berkeringat dan membakar lemak adalah 2 hal yang berbeda.

Saat berolahraga, setiap orang menghasilkan keringat dalam jumlah yang berbeda. Tergantung pula pada berat dan lamanya berolahraga yang dilakukan. Perlu dicatat bahwa berkeringat adalah proses menjaga suhu tubuh secara flexible oleh mekanisme tubuh .

Disaat kita berolahraga lemak dalam tubuh memang dibakar. Hal dimana lemak diubah menjadi energi tubuh untuk melakukan aktivitas olahraga.

Saat tubuh memproduksi energi melalui proses metabolisme, maka tubuh akan mengeluarkan panas. Tubuhpun akan bereaksi dengan mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh kembali ke level normal.




Otot bisa Berubah Menjadi Lemak ?

Begitu banyak alasan untuk menunda olahraga, meskipun juga banyak orang yang tahu akan manfaat olahraga itu sendiri. Salah satu alasan untuk menunda olahraga adalah ketakutan dimana disaat berhenti olahraga akan membuat badan menjadi gemuk karena otot akan berubah menjadi lemak, Saat brhenti berolahraga. Benarkah demikian?

Hal ini ternyata tidaklah benar. Karena lemak dan otot merupakan jaringan yang berbeda. Artinya otot tidak akan berganti dan tidak bisa menjadi lemak begitu anda berhenti berolahraga. Jika anda berhenti berolahraga secara mendadak dan tak beraktifitas sama sekali otot mungkin akan mengecil atau menyusut, tetapi tidak akan pernah berganti menjadi lemak.

Saat anda berhenti berolaharaga kebiasaan makan anda biasanya tidak berubah. Hal ini akan menyebabkan penumpukan lemak. Dan jika hal ini terus terjadi bisa di pastikan tubuh anda akan bertambah berat, sebelum anda menyadarinya. Jadi perubahan tersebut bukan karena otot yang bertranformasi menjadi lemak. Dan jika anda berolahraga lagi maka masa otot akan meningkat dan penimbunan lemak akan berkurang. 

#kesehatan, #olahraga,

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6