-->

Fakta dan Mitos Seputar Olahraga 2

Bahaya Minum Air Es Atau Dingin Setelah Olahraga

Setelah berolahraga badan pasti terasa lelah dan kita akan merasa haus yang teramat sangat. Ini karena tubuh kehilangan cukup banyak cairan saat berolahraga. Namun muncul sebuah mitos bahwa kita tidak dianjurkan untuk meminum air dingin atau air es setelah berolahraga. Ternyata mitos ini benar.

Kebanyakan orang akan memilih untuk meminum air es karena dianggap lebih menyegarkan. Tapi tahukah anda, bahwa hal ini dapat membahayakan kondisi tubuh kita? Keadaan tubuh yang lemas dan tidak fit lalu meminum air dingin akan mengakibatkn hal buruk bagi tubuh.

Saat melakukan olahraga dan aktivitas berat lain akan meningkatkan metabolisme tubuh. karena berfungsi serta bekerja untuk menyuplai zat energi dan oksigen ke seluruh tubuh. Aliran darah juga menjadi cepat karena disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar serta otot kita yang berkontraksi. Kemudian tubuh kita akan mengeluarkan keringat sebagai hasil dari metabolisme tersebut, dan sebagai ganti tubuh kita akan alami kekurangan cairan.

Sebagai kompensasinya, kita menggantinya dengan meminum air setelah olahraga. Lalu apa yang terjadi jika kita meminum air yang kita minum bukanlah air biasa melainkan adalah air es atau air dingin ?

Dengan memasukkan air es kedalam tubuh kita tentu saja akan mengganggu proses metebolizm. Serta penyempitan pembuluh darah juga disebabkan oleh Kondisi metabolizm yang tinggi kemudian turun secara tiba-tiba. Lalu suhu tubuh yang menurun tiba-tiba (drastis) juga menyebabkan pula tidak lancarnya aliran darah. Organ-organ tubuh yang sedang banyak-banyaknya membutuhkan zat penting dan oksigen lainnya secara cepat berkurang suplaynya.

Sehingga kadang-kadang kita merasa pusing setelah meminum air es. Hal ini menandakan suplai darah ke otak berkurang serta otak tidak mampu beradaptasi dengan cepat karena perubahan suhu yang ekstrim pada tubuh. Suhu air minum normal yang layak dikomsumsi setelah olahraga adalah antara 5-10 *C. Pada suhu tersebut cairan mudah diserap, sehingga keringat dengan cepat digantikan. Kita juga dianjurkan untuk minum sebelum, dan selama setelah berolahraga.







Sit Up Bisa Mengatasi Perut Buncit, Benarkah ?

Bagi anda yang memiliki perut buncit, sit up di percaya sangat efektif untuk membuat perut langsing bak model. Namun tahukah anda, bahwa ternyata sit up tidak bisa mewujudkan impian atau harapan anda agar perut anda dapat rata seperti para selebritis.


Latihan shit up memang menggunakan dan berfokus terhadap otot perut. Dan justru demikianlah pembakaran lemak atau kalori yang terjadi sangat kecil karena hanya menggunakan otot perut yang dimana bagian tersebut merupakan bagian kecil dari tubuh.

Sit up merupakan olahraga untuk mengencangkan dan melatih otot perut, sehingga di dalam pembakaran lemak di dalam tubuh tidak fokus dilakukan. jadi pada dasarnya pembakaran lemak dan pembentukan otot merupakan dua hal yang berbeda.

Dengan sit up anda bisa membentuk otot perut, namun belum tentu perut buncit yang akan kempes. Hal ini di karenakan pembakaran lemaknya sedikit. Dan lemak pertama kali di bakar oleh tubuh ternyata bukan di perut.


No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6