-->

Berburu Beasiswa Luar Negeri



  1. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Ikuti sejumlah milis organisasi, alumni, milis beasiswa, dan jadilah anggota web penyedia info beasiswa.
    Jangan meremehkan informasi sekecil apapun. Siapa tahu dari info yang dipandang sepele itu terselip peluang Anda.

  1. Selalu siapkan satu set kelengkapan administrasi yang sudah difotokopi serta akta kelahiran, ijazah, serta transkrip nilai yang sudah diterjemahkan dan dilegalisir, kartu keluarga, surat nikah jika ada, KTP, dan lain-lain.

  1. Tentukan pilihan program studi yang akan diambil. Pastikan program studi pilihan sesuai dengan minat dan pengalaman kerja atau pengalaman akademik serta rencana ke depan.

  1. Buat folder khusus di e-mail atau hardisc untuk menyimpan segala sesuatu yang berhubungan dengan beasiswa. Mulai dari pengumuman, berita tentang beasiswa, maupun untuk menyimpan formulir online yang di download.
    Umumnya dari tahun ke tahun, draf formulir tidak berubah, maka formulir yang diisi tahun ini masih bisa digunakan untuk tahun depan.

  1. Perhatikan dan catat kapan biasanya pengumuman pembukaan beasiswa. Misalnya, Australian Development Scolarship (ADS) biasanya mulai bulan Juni. Beasiswa Fulbright sekitar awal tahun. Sementara Erasmus Mundus pertengahan tahun.
    Buatlah semacam reminder kapan anda harus mengirimkan aplikasi itu. Jangan mengirimkan aplikasi dalam waktu yang mepet.

  1. Siapkan tiga buah surat rekomendasi yaitu dari kampus, tempat kerja, dan organisasi sosial tempat anda beraktivitas. Masing-masing surat rekomendasi sebanyak lima lembar. Siapkan stok surat rekomendasi ini sebanyak-banyaknya. Sampaikan kepada pemberi rekomendasi bahwa Anda akan coba melamar beasiswa ke berbagai tempat.

  1. Mulailah kursus atau latihan bahasa inggris untuk meningkatkan nilai TOELF atau IELTS. Jika tidak ikut kursus, jadwalkan ikut tes prediksi setiap bulan untuk memetakan soal TOELF.
    Dalam waktu empat atau enam bulan, ikutilah tes ITP guna mengetahui hasil yang lebih akurat. Untuk mengasah listening, biasakan setiap hari mendengarkan berita berbahasa inggris.

  1. Proses apply beasiswa bukan usaha sekali jadi. Biasanya pelamar beasiswa lebih dari 1000 orang, sementara kursi yang tersedia puluhan saja. Jadi perlu kegighan sekaligus kesabaran.
    Jika tahun ini tidak lulus, coba lagi. Dan, siapkan juga bujet untuk mengirimkan aplikasi ke masing-masing universitas yang dituju.

Semoga membantu.

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6