-->

Mengenal Sendi Rahang dan Penyebabnya

Gangguan pada sendi rahang bisa muncul dengan berbagai keluhan. Keluhan yang paling sering adalah sakit pada otot pipi terutama saat makan dan berbicara, rasa sakit di depan telinga, rasa pegal atau sakit pada bahu dan belakang leher; suara "klik" ketika membuka atau menutup mulut, mulut sulit dibuka terutama pada pagi hari, telinga berdenging, sakit pada daerah sekitar mata dan menjalar sampai ke kepala bagian belakang, sakit kepala yang tidak jelas, migraine, dan vertigo. jika Anda menderita lebih dari satu keluhan di atas, kemungkinan Anda mengalami gangguan pada sendi rahang.



Apa itu Sendi Rahang?

Sendi Rahang, atau dalam bahasa kedokteran disebut sendi temporomandibular atau temporomandibular joint (TMJ), adalah salah satu sendi yang sangat penting dalam fungsi gerakan membuka dan menutup mulut. Sendi rahang digunakan beratus kali dalam sehari untuk menggerakkan rahang, menggigit, dan mengunyah, berbicara dan menguap.

http://katalebay1.blogspot.com/2015/11/mengenal-sendi-rahang-dan-penyebabnya.html

Perempuan Jauh Lebih Sering Mengalami Nyeri Sendi Rahang Dengan Perbandingan 9:1 Terhadap Pria
Sendi ini merupakan salah satu sendi dari seluruh sendi di tubuh kita yang paling rumit dan paling sering digunakan. Di dalam sendi rahang terdapat bagian-bagian yang bergerak yang memungkinkan rahang bawah bergerak bebas dalam batas tertentu. Ujung sendi ini berbentuk seperti bola yang bergerak bebas dalam suatu cekungan yang terletak di depan Telinga. Antara ujung sendi dengan cekungan tersebut dibatasi oleh bantalan sendi yang memungkinkan sendi tersebut bergerak bebas tanpa menyebabkan nyeri.

Sendi rahang terdiri dari susunan otot-otot, urat-urat, dan tulang-tulang yang rumit. Setiap komponen berkontribusi pada kelancaran kerja dari sendi rahang. Saat otot-otot rileks (bersantai) dan berimbang dan kedua rahang membuka dan menutup dengan nyaman, kita dapat menguap, mengunyah, dan berbicara tanpa sakit.

Gangguan Sendi Rahang dan Penyebab-Penyebabnya

Gangguan sendi rahang seringkali timbul ketika terjadi perubahan pada struktur sendi tersebut, yang terjadi karena bantalan sendi keluar dari tempatnya, atau karena kerusakan struktur ujung sendi pada daerah tersebut. Gangguan pada sendi rahang juga dapat timbul karena adanya gangguan pada ototdi daerah sekitar sendi. Gangguan ini terjadi pada sekitar 16-59% orang dari suatu populasi. Pada umunya persentase tersebut akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Perempuan jauh lebih sering mengalami hal ini dengan perbandingan 9:1 terhadap pria.

Gangguan sendi rahang dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Dan hal-hal tersebut antara lain:
    http://katalebay1.blogspot.com/2015/11/mengenal-sendi-rahang-dan-penyebabnya.html
  • Kebiasaan makan es batu dan makanan keras lainnya.
  • Adanya riwayat trauma pada rahang.
  • Terdapat gigi yang hilang dan tidak diganti.
  • Sering mengunyah pada salah satu sisi.
  • Stress.
  • Bruksisme, atau kebiasaan mengerot gigi saat tidur.
  • Ada gigi yang terinfeksi, dan
  • Kebiasaan menopang dagu atau menjepit telepon dengan bahu.

Dan kesehatan adalah Anugrah pemberian Allah yang tidak ternilai harganya, karena itu bagian kita adalah menjaganya dengan sebaik mungkin. Saya harap dengan ulasan artikel ini dapat menjadi masukan yang berharga bagi pembaca sekalian.

Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut dan membutuhkan pertolongan medis mengenai sendi rahang dan penyebab sendi rahang, Cobalah baca Cara Mengatasi Gangguan Sendi Rahang, atau berkunjung ke Rumah Sakit terdekat, dan RS Mardi Rahayu Kudus bisa Anda tuju bagi Anda yang bertempat tinggal di kota Kudus.

Baca juga artikel populer kami :

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6