-->

Tips Mendesain Partisi Ruangan yang Menarik



Ukuran rumah yang sempit terkadang tidak memungkinkan untuk diberi pembatas dengan dinding permanen. Karena, ruangan akan terkesan semakin sempit. Maka, solusi terbaik untuk mengatasi keterbatasan ruang yaitu dengan menggunakan partisi.

Partisi yang bersifat temporer dapat menjadi pemisah antar ruang yang mudah dipasang. Dilepas maupun digeser kapan saja. Namun, hendaknya cermat menentukan desain partisi agar sesuai harapan dan mendukung estetika ruangan. Berikut hal-hal yang perlu disimak dalam mendesain partisi ruang.


Bahan Partisi

Partisi berbahan kayu cocok untuk ruangan sederhana serta ingin menampilkan kesan alami dan hangat, misalnya partisi berbentuk krepyak kayu. Kesan alami juga bisa didapat dari partisi berbahan bambu.

Sedangkan, partisi dari kaca cocok untuk ruangan yang sempit karena kaca mampu memberi kesan luas dan non privat. Partisi kaca juga populer untuk sekat dalam kamar mandi. Baik kaca transparan maupun kaca buram mampu memberi kesan lapang dan tampak menarik dengan didukung pencahayaan yang memadai.

Jika tidak ingin menggunakan kaca, partisi fiber dapat menjadi solusinya. Sekilas, partisi fiber mirip kaca, tetapi tampilan lebih halus dan agak buram. Keuntungan dari partisi ini yaitu mudah untuk dibersihkan.

Bila memilih partisi temporer, sebaiknya gunakan pembatas yang mudah digerakkan, bahkan dilipat. Sehungga, partisi mudah dibongkar pasang dan sirkulasi cahaya serta udaranya pun baik. Jika partisi dari aluminium, sebaiknya di bagian bawah dipasang roda agar mudah digeser.





Warna

Pilih warna solid seperti hitam atau cokelat untuk memberi kesan tegas dan jelas sebagai pemisah ruangan, misalnya, memisahkan antara ruang tamu dan ruang makan. Sementara, untuk partisi berwarna netral seperti abu-abu, krem, dan putih cenderung cocok dipadukan dengan ruangan dengan kombinasi warna apapun.


Kreasi Partisi

Ada berbagai kreasi partisi yang bisa diaplikasikan dalam ruangan, misalnya partisi bentuk rak terbuka. Kreasi partisi tersebut memiliki fungsi ganda. Selain sebagai penyekat, rak partisi juga dapat digunakan untuk meletakkan hiasan ruangan.

Ada pula partisi yang dapat berfungsi sebagai pintu, yaitu partisi privot. Jenis partisi ini, dapat diputar 360 derajat. Tak hanya itu, partisi kayu juga bisa dihias dengan susunan tanaman indoor untuk memberi kesan segar dalam ruangan. Untuk ruangan yang diisi dengan banyak furniture, sebaiknya manfaatkan partisi dari bahan gipsum yang dilapisi wallpaper bermotif unik atau senada.

Kreasi lain adalah partisi kayu yang dapat dilipat dan memiliki desain frame persegi dipermukaannya. Setiap bidang persegi pada partisi dapat dimanfaatkan untuk mendisplay foto-foto keluarga.

Jika ruang yang dipisahkan sifatnya tidak pribadi, pengguna dapat menggunakan sekat berongga. Sehingga, antara ruang satu dan lainnya akan terlihat dan sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Dengan pemilihan partisi yang menarik dan tepat, dekorasi ruangan akan terkesan lebih indah. Terlebih jika partisi yang dipilih tergolong multifungsi.

Sekian, semoga hari Anda menyenangkan :)

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6