-->

Tips Memoles Batu Secara Natural


Ada saja cara yang dilakukan untuk memproses batu akik agar menjadi semakin bagus. Baik cara tradisional maupun modern. Hal ini dilakukan agar batu akik bisa tetap bagus dan mengkilap. Selain untuk dimiliki secara pribadi, banyak para penggila akik yang gemar merawat batu akik kesayangannya agar dapat didaftarkan dan diikutkan ke dalam lomba kontes batu akik

Konon, acara lomba kontes batu akik tersebut biasa diikuti oleh banyak dari penggila batu akik. Dan untuk pemenang selain mendapat hadiah, harga batu akiknya juga akan meroket naik secepat itu juga. Sebuah keuntungan bagi si pemenang. Maka dari itu, banyak dari penggila batu akik yang semakin bersemangat dalam memoles dan merawat batu akiknya.

Tetapi, jika Anda ingin mengikuti lomba kontes batu akik, alangkah sebaiknya Anda mengetahui dulu apa syarat untuk bisa mengikuti lombanya. Seperti merubah motif keaslian batu merupakan treatment yang tidak diperbolehkan di dalam kontes batu tersebut. Misalnya, menambah warna batu dan menajamkan warnanya adalah hal yang tidak dibolehkan.

Peraturan tersebut diberlakukan agar para kontestan tidak berbuat curang, mau dan bersedia merawat batunya dengan cara yang alami dan natural.

Dan berikut adalah beberapa tips merawat batu agar tetap natural. Salah satunya menggosok batu akik dengan amplas halus. Amplas halus tersebut bernomor 1.200 dan 1500 sebab memiliki tekstur halus untuk menghaluskan permukaan batu agar tampak mengkilap.

Teknik menggosok akik pun dapat menggunakan batang bambu. Memang terdengar sedikit aneh. Namun, pada zaman dulu, penggosok akik sering menggunakan bambu untuk mengkilapkan batu mereka. Caranya, menggosok secara terarah.

Ada lagi yang menggunakan kulit sapi. Tujuannya, batu semakin berpendar. Sebab, kulit masih memiliki minyak yang menempel saat diolah. Jadi, minyak itu menempel pada batu cincin.

Selanjutnya, menggosok akik menggunakan kulit pisang kering. Sebelum di gosok, akik dalam bentuk bongkahan direndam di dalam air kelapa. Cairan minyak dalam air kelapa yang menempel di batu akan membuatnya semakin mengkilap. Warna batu pun akan terlihat agak tua.

8 comments:

  1. Thanks gan sangat bermanfaat artikel nya

    ReplyDelete
  2. gosok terus gan batunya ampe kinclong wkakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Za dong gan. .biar bisa sekalian juga buat ngaca :v

      Delete
  3. Ternyata menggunakan bambu juga bisa ya gan..
    jadi gak bingung lagi kalo mau gosok2 nih, thanks infonya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. .tentu saja bisa gan, tapi ingat ya harus searah. .biar gak lecet2 + kinclongnya bagus dan cepet

      Delete
  4. Wah kalau ada videonya lebih jelas bro :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Videonya ngambex kaga mau di upload gan :D

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6