-->

Tips Mengatasi Debu dalam Rumah



Pada musim kemarau, udara di luar selain terasa panas juga kotor dan berdebu. Debu yang terhirup juga membahayakan kesehatan. Beberapa penyakit yang dipengaruhi udara kotor yaitu flu, alergi, dan asma. Karena itu, butuh beberapa solusi untuk mengatasi debu di rumah. Berikut beberapa diantaranya.



Menanam Tanaman

Filter alami untuk mengatasi debu yaitu tanaman, seperti bambu jepang, beringin, sansiviera, dan tanaman paku-pakuan. Dengan ada beberapa tanaman di depan rumah, sebagian debu akan terhalang ketika akan menembus masuk ke dalam rumah. Sehingga, udara yang masuk ruangan pun lebih bersih.



Minimalkan Penampung Debu

Beberapa perabotan yang ada dalam rumah juga berpotensi sebagai penampung debu, seperti karpet, gorden, sofa, atau barang-barang yang berbahan kain lain. Untuk menghindari banyaknya debu dalam ruangan, sebaiknya minimalkan penggunaan perabotan tersebut.

Jika tetap ingin menggunakannya, pemilik rumah hendaknya rajin membersihkannya secara berkala. Gunakan penyedot debu atau jemur dan pukul-pukul perabot berbahan kain untuk menghilangkan debu yang menempel. Ganti pula sarung bantal dan sprei jika tampak kotor atau setidaknya dua minggu sekali.



Simpan Perabot

Sebaiknya simpan benda-benda kesayangan di tempat tertutup. Boneka atau pernak-pernik koleksi dapat disimpan di lemari kaca, agar terhindar dari debu namun tetap terlihat.

Untuk benda-benda yang jarang digunakan, sebaiknya dibungkus plastik agar tidak kotor. Beberapa benda yang dapat ditutup plastik seperti peralatan memasak dan alat musik.



Penyaring Udara

Agar udara dalam ruangan benar-benar terjaga kebersihannya, manfaatkan air purifier atau penyaring udara. Cara kerja alat tersebut yaitu menyerap udara kemudian menyaringnya melalui beberapa saringan atau filter, dan mengembuskan kembali udara yang bersih.



Selain menghilangkan debu, penyaring udara juga mampu mengusir bau tidak sedap. Bahkan produk air purifier berkualitas dengan tiga tahap penyaringan dapat menyaring bakteri dan virus paling kecil sekalipun. Alat tersebut efektif mengatasi debu, khususnya untuk rumah yang terdapat hewan peliharaan.

Dengan memperhatikan beberapa komponen baik di dalam maupun luar rumah, serta menggunakan air purifier, udara dalam ruangan dapat terjaga kebersihannya. Penghuni rumah pun akan lebih sehat.

Cukup sekian, semoga hari Anda menyenangkan :)

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6