-->

Tips dan Trik Agar ASI Lancar dan Banyak





Dok, langsung saja ya. Cuma saya ingin meminta saran dari dokter Wita, bagaimana agar ASI dapat keluar lancar dan banyak? Karena ini adalah kehamilan pertama dan saya ingin memberikan ASI eksklusif pada anak saya. Tolong diberi penjelasannya ya Dok.

Sebenarnya tidak ada trik khusus agar ASI banyak dan lancar. Salah satu faktor yang menentukan adalah komposisi payudara itu sendiri (adakalanya walaupun payudara Anda besar, banyak kelenjar lemak tapi kelenjar ASI sedikit, maka produksi ASI tak bisa banyak).

Faktor lain adalah faktor nutrisi. Selama nutrisi Anda mengandung gizi yang baik dan cukup mengkonsumsi cairan, maka produksi ASI dapat meningkat. Selain itu, faktor terpenting adalah kesiapan mental, kemauan keras Anda untuk memberikan yang terbaik pada bayi Anda, dukungan keluarga dan lingkungan cukup berperan untuk suksesnya menyusui.

Pemberian ASI secara eksklusif sering kali tidak dapat tercapai dengan baik bila seorang ibu sudah mulai bekerja, dimana pada lokasi kerja tidak disiapkan sarana pendukung (tidak adanya 'pojok laktasi', tidak adanya keringanan bagi ibu menyusui untuk pulang sejenak untuk menyusui bayinya, dll).

Namun ada berbagai upaya untuk mengatasinya. Anda dapat mempompa ASI Anda, kemudian disimpan dalam botol steril, letakkan di kulkas (bisa bertahan sampai 24 jam). Dan saat dibutuhkan si kecil, ASI dalam botol tersebut bisa diberikan setelah dihangatkan.




Pompalah ASI Anda sesering mungkin, bahkan saat dikantor. Makin sering Anda memompa, makin banyak produksi ASI Anda, sehingga tidak diperlukan susu formula sebagai tambahan.

10 comments:

  1. Nanti saya coba buat istri saya gan heehe. tips nya bagus buat di coba.

    ReplyDelete
  2. kirain makin dipompa makin habis ternyata tambah banyak ya, makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, dengan sering di pompa itu akan merangsang kelenjar ASI untuk tumbuh

      Delete
  3. intinya untuk memperbanyak asi dan membuat asi berkualitas harus mempunyai nutrisi yang cukup seperti makan buah dan sayur. 4 sehat 5 sempurna mungkin dapat membantu ibu menyusuhi. Bagus mas infonya

    ReplyDelete
  4. emang bener ibu yang baik adalah yang mau menyusui anaknya :). udh asi makin nambah makin disukai lagi :D

    ReplyDelete
  5. palagi kalo ibunya masih muda ya broo :v

    ReplyDelete
  6. biasanya yang bingun para ibu muda :D
    hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. .hehe. .bisa jadi saking bingungnya mereka sampai keliru ngasih ASInya ya bang rukh :v

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6