-->

Tips Hemat Kuota Internet pada Android

Makin sering kita browsing atau streaming youtube di smartphone android kita, maka penggunaan kuota internet yang kita gunakan juga akan membengkak. Akibatnya adalah paket internet yang sudah kita daftarkan akan cepat habis kuotanya. Atau bagi kalian yang nggak daftar paket internet, pulsa kita akan cepat habis karena untuk membayar biaya internet yang dipake.
Nah, berikut ini beberapa tips bagaimana caranya supaya kita bisa menghemat kuota internet di Android.


Matikan koneksi data ketika nggak digunakan
Pada saat Android nggak digunakan, misalnya pada saat tidur atau sedang dalam perjalanan, lebih baik dimatikan saja koneksi data internetnya. Caranya cukup mudah, yaitu tinggal seret turun ke bawah panel notifikasinya kemudian non aktifkan fitur data (icon panah atas dan panah bawah). Dengan ini kita bisa menahan penggunaan data internet yang nggak terduga, seperti notifikasi game, email, media sosial dan sebagainya.

Atur penggunaan kuota pada latar belakang
Cara berhemat kuota data android selanjutnya adalah mengatur akses data pada latar belakang sebuah aplikasi. Kalian bisa pergi ke menu setting kemudian pilih “Data Usage”. Di situ kita akan diperlihatkan tampilan berupa daftar aplikasi dan statistik koneksi data yang telah kita gunakan.

Kalo kamu melihat aplikasi dengan penggunaan kuota internet yang besar, kamu bisa melakukan pembatasan aktifitas data untuk aplikasi tersebut dengan cara tekan aplikasi tersebut dan gulir ke bawah. Kemudian tekan opsi “Restrict background data”. Selain itu, hapus juga aplikasi-aplikasi yang sekiranya jarang digunakan atau nggak kita pakai, yang mana aplikasi itu butuh koneksi data untuk aktif di latar belakang.

Gunakan Wifi
Layar di Android kita akan muncul iconwifi dengan simbol tanda tanya (?) di tengah kalo smartphone tersebut menangkap sinyal wifi. Kalo ada sinyal wifi di sekitar kita, matikan saja koneksi internet dari kartu provider kita dan gunakanlah fasilitas wifi tersebut. Gunakan fasilitas berharga tersebut untuk memperbarui aplikasi-aplikasi yang butuh konsumsi kuota data yang besar.

Gunakan cache
Satu lagi cara untuk menghemat kuota internet pada android kita. Yaitu gunakanlah fasilitas cache semaksimal mungkin. Simpanlah data berupa web, preload video atau lainnya kalo memang akan kalian buka lagi di lain waktu. Dengan cara ini, untuk mengakses konten-konten tersebut kita nggak perlu lagi menggunakan data internet.

Periksa pengaturan sinkronisasi otomatis
Biasanya suatu aplikasi bisa melakukan update otomatis tanpa sepengetahuan pengguna. Oleh karena itu, pastikan pengaturan sinkronisasi kalian atur sendiri sesuai kebutuhan. Batasi penggunaan sinkronisasi sebuah aplikasi supaya tidak melakukan update secara otomatis.

#Tips hemat data #Cara hemat data
mampir juga ya teman-teman dan temukan artikel menarik lainnya  > Daftar isi blog kami :)

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6