-->

Tips Menjaga Cermin Kamar Mandi Bersih dan Berkilau



CERMIN menjadi komponen penting di ruang kamar mandi. Selain dibutuhkan untuk bercermin guna menjaga penampilan, cermin juga menjadi bagian dekorasi interior ruangan yang dapat memberi kesan terang dan luas.

Namun, karena terletak di ruang lembab dan sering terkena percikan air, cermin di kamar mandi mudah kotor. Bahkan hanya dengan sedikit sentuhan tangan dapat meninggalkan noda di permukaan cermin.

Bila hal itu tidak segera dibersihkan akan menimbulkan jamur dan kerak pada permukaannya. Tampilan kaca pun jadi kotor dan kusam. sehingga, membuat pengguna tidak puas saat bercermin karena bayangan yang dipantulkan jadi kabur.

Untuk menghilangkan kerak atau mencegahnya timbul, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain cairan pembersih, air hangat, kain berserat halus, dan spons. berikut cara membuat cermin kamar mandi tetap bersih dan berkilau yang dirangkum dari berbagai sumber.


Bersihkan Debu

Sebelum mengangkat noda membandel pada cermin, bersihkan dahulu debu-debu yang menempel. Gunakan kain kering untuk menyeka kotoran-kotoran dan debu.

Selanjutnya, gunakan cairan pembersih kaca yang tepat agar noda dapat terangkat maksimal. Hindari menggunakan pembersih yang mengandung alkali, asam, dan amoniak yang bersifat abrasif. Selain menggunakan cairan pembersih khusus, beberapa bahan yang ada di dapur seperti cuka, perasan lemon, dan baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan cermin.

Ketika membersihkan cermin sebaiknya jangan menyemprotkan cairan pembersih secara langsung. Karena, bila cermin memiliki bingkai dan cairan mengumpul di dalamnya dapat merusak bagian tepi cermin.

Maka, jangan biarkan cairan masuk ke dalam bingkai, atau gunakan cara lain yang lebih aman. Misalnya, dengan menyemprotkan cairan pembersih di atas permukaan kain berserat halus atau spons terlebih dahulu. Gunakan kain yang basah tersebut untuk menyeka permukaan cermin dengan searah atau memutar. Tujuannya agar tidak ada noda air yang tertinggal saat kaca sudah kering.


Gunakan Air Hangat

Untuk mencegah cermin berkabut, celupkan kain halus ke dalam air hangat. Peras kain tersebut dan gunakan untuk mengelap permukaan cermin. Langkah terakhir, keringkan permukaan kaca hingga berkilau menggunakan kain lembut.

Dengan rutin mengaplikasikan beberapa langkah tersebut, kaca kamar mandi akan selalu bersih. Selain itu, bila kaca cermin terkena percikan air atau sabun segera keringkan dengan kain atau tisu. Cermin yang bersih tanpa ada noda akan makin mempercantik kamar mandi. Kaca cermin bersih dan berkilau membuat kamar mandi terlihat bersih dan terang.

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

glx_384ff51d8bb4d3d294173256e04ded62.txt Galaksion check: 2831b972811e64a22d77ceba3ee8a4a6